MENU

12/24/10

Nokia E5

Nokia E5-00: Perangkat Bisnis yang Makin Terjangkau
PULSA ONLINE



Kita mengenal seri E Nokia sebagai smartphone bisnis menengah ke atas dengan fitur penunjang lengkap. Kini ‘kebijakan’ Nokia memungkinkan produk seri tersebut dapat dijangkau oleh pasar yang lebih luas. Harganya dipangkas tanpa mengorbankan fitur mutakhir. Salah satunya adalah Nokia E5-00.

Desain & Layar
Mantap di genggaman. Bobotnya tidak terlalu ringan sehingga ideal ketika digunakan dengan dua tangan saat mengoperasikan keyboard QWERTY-nya, dan juga tidak terlalu berat sehingga tidak membuat jari cepat pegal.

Material yang digunakan cukup terjaga kualitasnya: tidak terasa licin di tangan yang mudah berkeringat sekalipun. Sekedar informasi dari situs Nokia Indonesia, bahan yang digunakan pada produk ini bebas PVC dan nikel pada permukaan produk dan ramah lingkungan.





Papan tombol QWERTY-nya terbuat dari plastik kesat, namun ukuran dan jarak antar tombol kurang bersahabat. Terlalu sering kesalahan tekan tombol terjadi, dan tentu saja, cukup mengganggu. Itu berarti butuh membiasakan diri lagi bagi Anda yang biasa menarikan jari di atas papan-papan tombol dengan lincah.

Selain keyboard QWERTY yang berjumlah 37 tombol tersebut, juga terdapat jack untuk microUSB dan 3.5 mm audio yang terletak di bagian atas, tombol pengatur volume di sebelah kiri ponsel, navigasi 5 arah, dan 2 tombol pengait untuk membuka casing bagian belakang.

Antena ponsel ini terletak di bagian bawah belakang, tepat di bagian bawah casing, sehingga pastikan tangan Anda tidak menutupi bagian tersebut ketika membutuhkan sinyal lebih baik. Jika ada panggilan tak terjawab atau pesan masuk yang belum terbaca, tombol navigasi 5 arahnya akan sesekali berpendar untuk mengindikasikan hal tersebut kepada Anda.

Walau memiliki sensor cahaya di samping earpiece, namun seri ini tidak membawa serta kamera depan. Sedangkan kamera belakangnya berada di tempat yang tepat sehingga tidak ditemukan kendala seperti jari yang tanpa sadar menutupi sedikit dari bagian lensa, misalnya.

Lampu kilat yang menemani cukup kuat jangkauannya, dan dapat digunakan sebagai lampu senter dengan cara menekan-tahan tombol Spasi di layar awal. Sama seperti seri X5, tombol Sym yang juga disisipi logo Bluetooth yang dapat menjadi jalan pintas bagi Anda untuk mengatur aktivitas Si Gigi Biru tersebut.

Orientasi, kedalaman, lebar hingga jenis layar yang digunakan sama dengan seri X5. Dengan orientasi lanskap membuat tampilan foto maupun video nyaman dipandang. Dan, jika ingin menggunakannya di luar ruang pada siang hari, selama layar masih tertutup bayangan kepala Anda sendiri, misalnya, semua informasi yang tertampil dapat dilihat dengan jelas.

Kamera
Masih sama seperti pendahulunya yakni X5, kamera yang dibawa oleh E5-00 ini mampu menghasilkan gambar hingga 5 MP dan video ukuran VGA dengan format mp4. Lampu kilatnya memang cukup membantu di tempat yang minim cahaya, namun hasil yang didapat malah akan mengurangi ‘tone’ warna dari obyek yang Anda jepret. Saran PULSA, maksimalkan penggunaan modus malam di ruangan yang masih terdapat sumber cahayanya untuk memperoleh kualitas gambar yang natural.






Mengingat hanya mampu menampilkan 15 gambar per detik (15 fps), kita harus maklum bahwa hasil rekaman video di E5-00 ini kurang ‘smooth’ alias kurang luwes, baik ketika dalam modus perekaman maupun ketika diputar ulang. Cara menyiasatinya adalah, pastikan tangan Anda tidak terlalu cepat dalam bergerak, dan obyek yang Anda rekam tidak bergerak cepat dalam jarak yang dekat dengan lensa. Selain lampu video yang dapat digunakan selama perekaman berlangsung, mikrofonnya juga cukup peka menangkap suara.

Audio
Speaker yang terpisah dari earpiece membuat keluaran suaranya mampu tampil keras dan bertenaga. Sayangnya, kurang ‘bulat’, terutama ketika diset ke volume tertinggi. Bahkan untuk beberapa jenis lagu yang mengandalkan nada tinggi, suara yang keluar cenderung pecah. Ekualiser yang disediakan pun tidak terlalu berpengaruh pada karakter suara. PULSA mengira hal ini bisa diperbaiki dengan mendengarkan via headset, namun baik Bass Booster, Klasik, Jazz, Pop hingga Rock yang dicoba bergantian juga tidak membawa perubahan signifikan.



Selebihnya apa yang ditawarkan Nokia E5-00 ini tak jauh berbeda dengan versi pendahulunya di bidang pemanja suara ini. Shazam yang berfungsi sebagai Perpustakaan Musik, Musik Ovi yang menjadi swalayan musik online, Radio FM yang tetap membutuhkan headset sebagai antena serta Radio Internet yang mencakup berbagai siaran dari seluruh stasiun radio dunia bisa Anda maksimalkan penggunaannya walau beberapa membutuhkan koneksi alias terhubung dengan internet. Jadi, awasi penggunaan pulsa Anda atau pastikan Anda berada di jangkauan WLAN.

Internet
Meski belum dapat digunakan, ketersediaan HSUPA membuat kemampuan jelajah data pada perangkat ini dapat diandalkan. Ketika berada di luar jangkauan WLAN, Anda masih bisa menggunakan HSDPA yang sayangnya tidak dilengkapi dengan kamera depan untuk kepentingan video call.

Saat dicoba untuk menjelajah berbagai situs, baik mobile maupun website, halaman demi halaman mampu terbuka dengan baik. Menariknya, ketika menekan tombol Kembali, akan terbuka jendela-jendela yang sebelumnya telah dibuka sehingga Anda bisa memilih dengan cepat halaman sebelumnya yang mana yang ingin dituju.

 




Namun hal tersebut bukannya tanpa kelemahan. Idealnya, setidaknya menurut PULSA, ketika kita memilih untuk ‘kembali’, perangkat tidak perlu memuat ulang halaman sehingga selain lebih efisien dari segi waktu, juga menghemat pulsa bagi yang menggunakan koneksi bukan WLAN. Hal ini seperti yang dapat kita temukan di browser Opera Mini.

Setiap kali kita akan memulai jelajah internet, Anda dapat mengatur 2 opsi dalam memilih profil yang akan digunakan; apakah melalui jaringan operator atau WLAN. Opsi tersebut dapat Anda atur melalui menu Pengaturan, di mana opsi pertama adalah Anda langsung memilih untuk menggunakan salah satu (tiap kali akan browsing selalu menggunakan jaringan operator atau WLAN) atau opsi kedua adalah perangkat akan menanyakannya terlebih dahulu kepada Anda. Jadi, ketika Anda akan memulai selancar, ponsel akan memunculkan jendela pilihan, profil internet mana yang akan Anda gunakan atau menggunakan WLAN.

Memiliki layar yang berorientasi melebar (landscape) membuat tampilannya ketika menjelajah cukup nyaman di mata. Jika membuka situs web yang ukuran tulisannya terlalu kecil, perbesar saja dengan tombol * dan # untuk memperkecil kembali. Hal ini juga berlaku saat menyaksikan video di YouTube yang diakses melalui browser. Namun jika mengakses langsung dari aplikasi yang terdapat di folder Internet, video yang diputar akan secara otomatis menyesuaikan dengan layar alias screen fit sehingga lebih nyaman disaksikan.

Sedikit catatan mengenai YouTube, walau masih sama-sama mengalami buffering (dan ini sangat bergantung pada jaringan yang Anda gunakan) ketika pemutaran video, namun buffer maupun loading halaman relatif lebih cepat jika kita langsung mengakses via aplikasinya tersebut.

Fitur
Nokia E5-00 sudah ditanamkan GPS sehingga dapat membantu Anda dalam menemukan suatu lokasi atau memberikan saran terhadap rute suatu perjalanan. Ketika Anda menggunakan Peta, sistem akan mengunduh konten seperti pencitraan satelit, berkas suara, panduan atau informasi lalu lintas serta cuaca sehingga akan membutuhkan transmisi data dalam jumlah cukup besar. Sama seperti dalam modus internet, tekan * atau # untuk melakukan pembesaran pada peta.

Di layar akan tampil informasi berupa bar warna yang mengindikasikan beberapa hal seperti satu bar berarti satu satelit. Jika perangkat mencari sinyal satelit, bar-bar tersebut akan berwarna kuning, dan akan berubah menjadi hijau bila telah memadai untuk menghitung lokasi. Nah, semakin banyak baris hijau ini berarti tingkat keakuratannya semakin baik.










Karena ditujukan untuk kalangan bisnis, tak heran folder Kantor memuat banyak aplikasi, mulai dari kamus, konverter, catatan aktivitas, Microsoft Communicator, Quickoffice (yang mewajibkan Anda untuk mendaftar dahulu), intranet, zip, hingga Adobe PDF, World Traveler, AP Mobile dan Bloomberg, yang merupakan pengumpan ke situs berita pergerakan saham beserta konco-konconya seperti indeks saham, komoditas, obligasi dan valas dari seluruh dunia. AP adalah akronim dari Associated Press, merupakan jaringan berita dunia yang sering menjadi acuan baik berita maupun foto-foto aktualnya.

Ketika menggunakan pertama kali, Anda akan diminta untuk mengisi data seperti usia, jenis kelamin, alamat email (opsional) dan wilayah. Setelah semua entri dimasukkan, perangkat akan mengunduh data-data dari server termasuk foto dan video.

Kebutuhan email Anda pun mampu diakomodir dengan baik lewat fitur push email-nya. Pertama kali menggunakan, Anda akan diminta untuk memilih akun email mana yang ingin Anda sinkronkan dengan ponsel. Ada beberapa yang dapat dipilih seperti OviMail, YahooMail, dan Gmail. Begitu proses konfigurasi berhasil, Anda akan terhubung secara realtime selama akses internet tersedia, baik via jaringan operator maupun WLAN. Bahkan inbox alias kotak masuk Anda dapat tampil di Home Screen.

Kesimpulan
Aktivitas bisnis yang padat memerlukan pendamping yang handal, termasuk di dalamnya adalah ponsel. Selain memiliki OS terbuka serta kamera memadai, Nokia E5-00 juga membawa segudang fitur kantor yang dapat dimaksimalkan untuk menunjang kinerja Anda. Apalagi baterainya tergolong awet, mencapai 2 hari untuk pemakaian cukup aktif, terutama berinternet.

Namun yang paling disayangkan dari seri ini adalah ketidakhadiran satu buah permainan pun. Walau Anda bisa mengunduh dengan mudah dari internet, namun tetap saja ‘feel’ yang berbeda akan terasa antara game bawaan dengan game hasil unduhan. Why so serious?

(+): Kamera 5 MP dengan flash, koneksi HSUPA, aplikasi kantor lengkap

(-): Tanpa kamera video call, Tanpa AutoFocus, Tombol QWERTY terlalu kecil &rapat, Tanpa game


Harga

Rp.2,250,000,-

3G/HSDPA.HSUPA.WLAN
Aplikasi Navigator
Radio FM
aringan: Tri-band WCDMA; Dimensi: 115x58.9x12.8 mm, 126 gram; Layar: TFT 256 ribu warna 2.36 inci, QVGA (320x240 piksel); Memori: 256 MB, eksternal microSD hingga 32 GB; Konektivitas: Bluetooth v2.0, microUSB 2.0; Kamera: 5 MP, 3x digital zoom, LED flash, video VGA 15 fps; Fitur: Symbian OS 9.3 Series 60 v 3 FP 2 UI, GPAS/A-GPS, Facebook, twitter, YouTube, MySpace, hi5, Friendster, Push To Talk, Editor Gambar, Vlingo, Font Magnifier, Adobe PDF, Traveler, AP Mobile, Bloomberg, Layanan Ovi, Kamus Inggris-Mandarin, Pembaca Pesan, Quickoffice, Zip, dll.

Baterai Li-ion 1200 mAh (BL-4D)

Ponsel, baterai, kabel microUSB, charger, headset, buku manual, kartu garansi, microSD 2GB

No comments:

Post a Comment