MENU

12/19/10

Gejala/Tanda/Ciri-Ciri Anak Ketagihan/Kecanduan Main Game Online & Offline

Para orangtua harus ekstra ketat mengawasi anak-anaknya dalam bermainan game karena apabila anak memainkan game tertentu bisa membuat anak-anak menjadi kecanduan bermain game tanpa batasan. Anak-anak yang kecanduan game mereka seolah-olah menganggap masa depan mereka ada di dunia game sehingga masa depan yang sebenarnya dianggap tidak penting dan hanya mengganggu aktivitas main game mereka saja.

Gejala, Tanda atau Ciri-Ciri Anak-Anak yang Kecanduan Main Game :
1. Main game yang itu-itu saja bisa bermain lebih dari 3 jam sehari
2. Rela mengeluarkan banyak uang untuk main game tersebut

3. Prestasi sekolah pada umumnya menurun dan jadi malas belajar
4. Lebih suka belajar meningkatkan prestasi game daripada sekolah
5. Lebih dari 1 bulan masih tetap getol bermain game yang sama
6. Bisa punya teman atau komunitas sesama pecinta game tersebut
7. Kesal dan marah jika dilarang total bermain game tersebut
8. Senang menularkan hobi ke orang lain di sekitarnya
9. Sangat antusias sekali jika ditanya masalah game tersebut
10. Pada zaman sekarang kemungkinan besar game online masal

Jika orangtua tidak mampu mengontrol anaknya maka anak tersebut bisa terancam masa depannya karena gagal sekolah. Banyak contoh di berita-berita yang memberitakan dampak buruk dari bermain game berlebihan khususnya game online seperti ada beberapa orang yang meninggal di warnet setelah bermain berhari-hari tanpa banyak melakukan aktivitas lain. Ada juga beberapa orangtua muda yang anak bayinya meninggal dunia karena lupa mengurus anak, dan lain-lain.

Untuk itu sebagai orangtua yang baik jangan mengajarkan anak-anaknya bermain game secara berlebihan. Ajarkan memainkan kehidupan nyata agar mengasyikkan seperti game menjadi orang sukses, menjadi pengusaha konglomerat (tycoon), menjadi orang yang beriman dan bertakwa, game tinggi-tinggian nilai sekolah/kuliah, game bertahan hidup di dunia nyata yang keras, game mencari jodoh yang terbaik, dan masih banyak permisalan lainnya.

No comments:

Post a Comment