MENU

12/19/10

HT M16: Qwerty Musik Murah Sarat Aplikasi
Senin, 22 November 2010 16:46



HT Mobile merupakan satu dari sekian banyak merk lokal yang pengkategorian produknya paling baik dan jelas. Mulai seri TV phone, QWERTY phone, Hybrid phone hingga Music phone. Nah, setelah cukup lama absen di percaturan ponsel tanah air, HT Mobile kembali merilis satu tipe ponsel musiknya ke pasaran.

Sebut saja HT M16, dengan dukungan speaker besar plus chipset audio dari Yamaha, ponsel ini ditargetkan bakal mencuri hati pecinta ponsel musik. Namun, bagai mana dengan performa sejatinya? Tengok ulasannya berikut ini.

Display
Disain ala smartphone dengan layar lebar dan keypad QWERTY, memadati area pandang di sisi depan HT M16. Ya, konsepnya tetap menghadirkan ciri khas ponsel lokal yang tengah ngetren saat ini. Nuansa ‘plastik’ terasa sangat kental membungkus bodi gemuknya. Sayang, kualitas bahan yang ‘biasa’ dengan efek glossi tidak membuatnya tampil mewah.


Hal yang tak jauh beda juga terasa di bagian keypad. Meski empuk, bahan plastik dengan struktur yang rapat yang diterapkan, terasa goyah dan tidak kokoh saat ditekan. Alhasil, pengetikan pesan bakal kurang asik.

Panel navigasi yang ada di posisi atas keypad, menyediakan beberapa tombol cepat dengan model yang teratur. Ada tuts untuk mengakses Facebook, Player Musik serta pilihan kartu SIM sesuai kemampuan Dual On yang disandangnya. Untuk menelusuri menu, HT M16 mengandalkan D-pad lima arah yang tombol tengahnya berfungsi ganda. Tombol ‘OK’ dan membuka menu utama.

Panel tambahan di sisi bodi, ada port kabel data microUSB dan audio jack 2.5mm (sebelah kanan) serta 2 LED flash plus port charger (sudut atas). Bagaimana dengan tombol volume? Buat pengaturan suara, HT M16 menggunakan tombol min (-) dan plus (+) yang ada di jajaran keypad QWERTY.

Menyusuri menu utama, kita akan dihadapkan dengan LCD berjenis matrik aktif seukuran 2.2 inci dengan resolusi 320x240 piksel. Dengan pengaturan kontras dan kecerahan layar yang pas, jajaran menu yang tertampil jadi terlihat jelas dan enak dipandang. Sayang, tampilannya akan menyilaukan jika langsung terpapar sinar matahari. Tak ada yang istimewa di sisi interface. Ikon menu serta struktur grid-nya khas HT Mobile, atau ponsel lokal kebanyakan.

Audio Player
Sebagai ponsel musik, tentunya ini jadi fitur jagoan HT M16. Dukungan speaker besar yang menggunakan chipset audio garapan Yamaha, sanggup menghantarkan keluaran suara yang sangat menggelegar. Sayang, kualitas suaranya tetap saja terdengar cempreng. Apalagi, ketika volumenya diatur maksimal.




Namun, tak demikian jika didengar melalui headset bawaan atau headset Bluetooth stereo via profile A2DP yang didukungnya. Suara treble dan bass terdengar pas. Hadirnya pengaturan equalizer di ponsel ini pun sedikitnya, bisa menambah performa audio HT M16.

Untuk interface player, standar ponsel lokal. Tanpa album art, serta informasi lagu yang ditampilkan pun tergolong kurang ditel. Khusus port audio, HT M16 menggunakan jack 2.5mm. Namun, disediakan converter untuk ke 3.5mm. Soal dukungan file, ponsel ini bisa memutar music berformat MP3, AMR dan WAV.

Kamera
Selain pemutar audio, HT M16 juga dibekali kamera. Namun, resolusi gambarnya Cuma VGA (640x480 piksel). Sudah gitu, pengaturan bawaannya pun cuma alakadarnya. Sebut saja white balance, night mode, dan effect. Tak ada autofocus dan LED flash.






Soal hasil jepretan, tentu saja tak jauh beda dengan ponsel sekelasnya. Gambar yang dibuat masih banyak ‘semut’-nya, dan pencahayaannya pun tak berimbang. Jika diambil di tempat kurang cahaya, gambarnya terlihat gelap. Namun, jika diambil di tempat dengan cahaya berlimpah malah terlihat over exposure.

Beruntung, kamera HT M16 juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video. Format klip filmnya adalah 3gp. Namun, untuk pemutar video bawaannya, bisa pula memutar MPEG4 maupun 3gp.

Radio FM
Ini adalah fitur hiburan alternative selain pemutar music/video dan kamera. Sayang, radio FM di HT M16 tak dilengkapi antenna internal. Jadi, untuk mengaktifkannya harus mencolokan headset ke port yang tersedia. Ada 9 channel kosong yang bisa diisikan stasiun radio favorit. Untuk mencari gelombang radio, disediakan pencarian otomatis dan manual.




Menariknya, radio FM di ponsel ini dilengkapi pula dengan kemampuan rekam siaran (record). Selain itu, kita juga bisa mengatur untuk merekam siaran yang terjadwal, sekaligus menghidupkan radio dan berfungsi layaknya jam alarm. Fitur ini dinamakan ‘Schedule FM record’.

Internet & Konektivitas
Untuk menelusuri dunia maya, HT M16 hanya berbekal network GPRS class 12. Ya, sama seperti ponsel Dual On kebanyakan. Alhasil, performa datanya pun biasa-biasa saja. Namun, untuk sekadar membuka situs wap sih sudah lumayan oke. Apalagi, HT M16 juga dilengkapi browser ramah data, yakni Opera Mini.






Selain buat internet-an, network ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuka situs jejarig sosial Facebook, Twitter serta menikmati layanan chatting via aplikasi eBuddy, mig33 dan Yahoo.

Nah, bagi yang ingin berbagi file, HT M16 didukung koneksi Bluetooth dan juga kabel data microUSB. Tak seperti ponsel kebanyakan, pengaturan Bluetooth di M16 ini terbilang lebih komplit dan kompleks. Untuk bisa menerima file yang kapasitasnya di atas 1 MB, kita harus mengatur ruang penerimaan file (penyimpanan) ke kartu memori. Untuk kabel data, selain bisa menjadikan ponsel layaknya mass storage, kita juga bisa menjadikan kamera ponsel sebagai webcam PC via koneksi ini.

Fitur lain
Meski dipasarkan dengan harga miring, nyatanya HT M16 tetap menyediakan fasilitas yang cukup tangguh. Tengok saja E-mail client. Di sini, kita ditawarkan kemudahan untuk pengaturan akun E-mail, dan kita bisa mengisikan lebih dari satu akun E-mail. Untuk ptrotokolnya sudah mendukung POP3 dan IMAP.






Selain itu, HT M16 juga punya fitur keren lain yakni aplikasi Islami. Ada alarm Azan, Zakat calculator dan Kiblat direction. Ada juga fasilitas rekam percakapan telepon (call record), serta blacklist kontak telepon. Untuk yang standar tersedia E-book reader, Stopwatch, Health, Currency converter, Unit converter, Calculator, Calendar, World clock dan alarm.

Kesimpulan
Speaker besar dan chipset audio tangguh yang ditanamkan ke HT M16, nyatanya belum sanggup menghasilkan kualitas musik yang maksimal. Di sana-sini masih ditemukan banyak kekurangan yang cukup mengganggu, dan tak sesuai dengan kampanye promosi yang dilayangkan pihak distributor.

Namun, hadirnya kemampuan Dual On, E-mail client, layanan online serta fasilitas Islami, setidaknya bisa dijadikan poin plus untuk kategori ponsel music yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp 500 ribu-an.

Kelebihan: Dual On, Big speaker, Yamaha audio chipset, E-mail client, layanan online, FItur Islami
Kekurangan: Disain kurang menarik, Output Audio Cempreng, Kamera kurang bagus

Harga

Rp 429.000,-

HSDPA

No

Kamera

Yes

3G/UMTS

No

Video Call

No

WiFi

No

Memory Ext

Yes

Bluetooth

Yes

Email

Yes

Infrared

No

Music Player

Yes

Browser

Yes

Video Player

Yes

Java

Yes

Video Recorder

Yes

GPS Intenal

No

OS Terbuka

No

Aplikasi Navigator

No

Radio FM

Yes

Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; 115x61x15,3 mm, 110gr ; Layar TFT 320x240 piksel 2,2 inci; Kamera VGA; Yamaha Audio chipset, Big sound, Azan Alarm, Zakat calculator, Kiblat direction, Webcam PC, 2 LED flashlight, Modem, Radio FM record, Facebook, Twitter, Opera Mini, Blacklist, Background sound, E-book reader, Health, Call/audio record

Baterai Lithium ion 1200 mAh

Handset, Charger + kabel data, Baterai, 1 GB MicroSD, headset stereo

No comments:

Post a Comment