MENU

3/25/11

Ponsel Apple dengan Upgrade Terbaik, Disain Keluar Pakem TES BY MAJALAH PULSA ONLINE

Disain
Ada perubahan yang cukup berani dilakukan Apple terhadap iPhone 4 ini. Ketika kita baru membuka dus karton nya yang seperti biasa dibuat kecil dan memanjang, kita akan merasakan bentuk candybar iPhone kali ini lebih vulgar. Eits jangan berpikir negatif dulu ya!
Ucapkan selamat tinggal pada casing iPhone dengan pinggiran membulat, plus bagian belakang yang membentuk lengkungan. Kini Apple mendisain iPhone 4 dengan bagian tepi yang lebih tegas dan berhias material alumunium.



Bagian ‘punggung”-nya pun tak lagi melengkung (atau mencembung), melainkan dibuat rata, sama seperti bagian depan (layar). Di mana baik bagian depan maupun belakang, sama-sama dilapisi plastik kaca tebal. Kalau kita ingat-ingat lagi, iPhone terdahulu hanya meletakkan lapisan plastik kaca ini dibagian layar saja.

Sekilas hal tersebut akan tampak apik. Setidaknya mampu menciptakan efek futuristik, sekaligus kokoh. Namun disamping itu ada masalah yang siap mengintai. Semisal kerusakan pada casing. Pasalnya, bagian kaca pelindung bagian depan dan belakang cenderung menonjol dan berada di permukaan yang paling luar. Bagian alumunium yang mengelilinginya tidak mampu melindungi bagian ini. Terutama di bagian tepinya yang rentan.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pengaduan pemilik iPhone 4 di seluruh dunia yang mengalami pecah kaca pelindung, terutama di bagian belakang, hanya akibat jatuh dari tempat yang tidak terlalu tinggi.

Solusinya adalah dengan menggunakan bumper, alias karet pelindung casing atau biasa disebut ‘kondom ponsel’. Apple bahkan menawarkan bumper original gratis bagi para pemilik iPhone 4 yang mendaftarkan ponselnya, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab. Atau apabila Anda tidak berniat menggunakan bumper, pastikan iPhone 4 Anda tidak dibanting dengan alasan apapun.

Hal lain yang mengalami perubahan di sisi disain adalah peletakkan antena. Di iPhone terdahulu, antena diletakkan di bagian belakang bawah ponsel, sementara kini diletakkan di bagian sisi kiri. Banyak yang menduga hal ini lah yang menjadi penyebab masalah pada saat melakukan telepon. Di mana tiba-tiba kualitas penerimaan sinyal akan nge-drop atau tidak stabil.

Saat PULSA mencobanya dengan salah satu produk operator, hampir tidak ditemukan masalah pada penerimaan sinyal. Hampir setiap pembicaraan berlangsung lancar. Sementara pihak Apple sendiri menganggap hal ini adalah masalah kosmetik. Alias masalah yang tidak terlalu besar. Bagaimana untuk Anda?

Satu hal lagi di sisi disain adalah banyaknya perubahan letak tombol dan slot penting. Tombol volume misalnya, kini diletakkan di sebelah yang berlawanan. Begitu juga dengan slot micro sim, dari bagian atas ke sebelah kanan ponsel.

Oh iya, ngomong-ngomong Micro SIM, iPhone 4 ini mengikuti jejak iPad 3G. Yakni menggunakan kartu SIM berukuran mini. Beberapa operator dikabarkan sudah menyediakan kartu SIM ukuran micro ini, namun jika Anda memaksakan diri untuk menggunakan kartu lama, Anda bisa memotongnya secara manual dengan alat yang sudah tersedia di pasar. Masalahnya, Anda tidak bisa menggunakannya kembali di ponsel biasa.


Retina Display
Apple menyebut layar anyarnya dengan retina display. Intinya sih dengan ukuran layar yang dibawa, resolusi layar yang mencapai 960 x 640 pixel dalam bidang 3.5 inchi disebut-sebut setara dengan resolusi maksimal retina mata kita. Kami tak bisa benar-benar mencocokannya, tapi yang pasti layar ponsel ini sangat cemerlang dan mampu menampilkan ‘jeroan’ nya dengan baik.
Baik teks maupun gambar dapat tertampil jelas. Begitu pula dengan video. Dengan resolusi video yang sama (semisal dari Youtube), kami merasakan gambar yang jauh lebih padat di iPhone4 ketimbang ponsel lain, semisal BlackBerry Torch 9800.




Kami merasakan layar iPhone ini mengalami banyak peningkatan. Jika soal kualitas tampilan sudah terbukti prima, maka di sisi sensitivitas, iPhone 4 ini adalah yang terbaik dibanding sesama iPhone.

Teknologi multitouch sangat membantu ketika melakukan browsing internet dan foto. Namun keyboard virtual yang memberikan kenyamanan ini masih akan menjadi masalah bagi mereka penggila keyboard fisik.

Multitasking
Bagian ini adalah upgrade terbesar yang bisa kita dapatkan dalam sebuah iPhone. Berkat iOS 4 yang disuntikkan ke dalam iPhone 4, maka Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus di satu waktu. Semisal Anda sedang bermain game, lalu ingin membuka ebook, juga email, serta sms dari teman lama. Anda tak perlu menutup semua itu. Tinggal tekan dua kali tombol HOME, maka Anda bisa melihat semua program yang masih berjalan. Tekan yang lama dan Anda bisa menutupnya satu persatu.Tapi, ada tapinya nih. Apabila Anda menjalankan aplikasi lama, semisal Anda pernah membeli software di iPhone 3Gs, lalu mentransfernya ke iPhone 4, maka Anda harus mengupdate-nya agar fitur pause dan resume nya bisa muncul.

Sekedar informasi, fitur ini merupakan fitur bawaan iOS 4. Jadi, perangkat iPhone lain, semisal iPhone 3Gs dapat melakukannya jika sudah diupgrade dengan OS ini.

iPod
Setiap penggemar musik pasti kenal dengan yang namanya iPod. Perangkat pemutar musik bikinan Apple ini terkenal dengan kualitas playback dan display-nya. Sepeerti biasa iPhone menyertakan fitur ini sebagai salah satu unggulan utama. Tidak banyak perkembangan di sisi kualitas musik ketimbang iPhone 3Gs, namun jika Anda bicara loud speaker, maka speaker iPhone 4 ini terasa sedikit mengalami peningkatan kualitas.

Konektivitas
Ponsel ini dilengkapi koneksi yang lengkap. Ketika kita berada di jangkauan WIFi, maka gunakan WiFi berkecepatan tinggi 801.11 b/g/n. Apabila kita tidak dalam hotspot, maka pilihannya adalah menggunakan jaringan HSDPA. Yang pasti Anda harus selalu terhubung dengan internet untuk bisa memantau semua email dan messenger.
Kekurangan utama terletak pada ketidakmampuan ponsel ini dalam menerima dan berkirim file via Bluetooth. Pasrah? Jangan dong! Masih ada aplikasi yang memungkinkan hal ini terjadi, tapi kita harus membelinya dulu di App Store. Kabar gembiranya kita masih bisa mendengarkan musik via A2DP.

Lalu bagaimana dengan sifat koneksi USB-nya yang membutuhkan sinkronisasi dengan perangkat tertentu? Masih sih. Tapi dengan iOS4-nya yang baru ini, kita tidak lagi perlu kehilangan file musik ketika disinkronisasikan dengan perangkat komputer berbeda. Ada proses backup yang berlangsung. Tapi ya, kalau mau nambah musik masih sedikit repot.
Kamera 5 MP dan Video HD recorder
Sampai saat ini, besaran 5 megapixel pada kamera iPhone merupakan besaran resolusi kamera terbesar. Tapi tidak ada apa-apanya memang jika Anda membandingkannya dengan kamera ponsel dari pabrikan lain yang sudah mencapai 8 bahkan 10 megapixel. Tak ada yang dikeluhkan dari kemampuannya memotret. Sayang mini pengaturan profesional.

Satu hal yang menarik adalah kemampuannya merekam video HD hingga 720p. Sejalan dengan diluncurkannya TV-TV HD, dan dukungan video HD di situs upload video seperti Youtube, maka ini adalah pertanda baik. Sayang memori yang dibutuhkan untuk menyimpan video HD lebih besar dari video kebanyakan. Terlebih ketika iPhone tidak menyediakan ruang tambahan untuk memori eksternal.

Untuk Anda yang masih membutuhkan informasi tentang keberadaan editor video atau foto di sebuah ponsel, di iPhone 4 ini sudah tersedia fitur editor video dengan melakukan trim. Tapi untuk foto, Anda perlu mendownload dan menginstal aplikasi yang lebih baik lagi.


Video Call?
Teknologi ini sudah lama ada di ponsel-ponsel 3G generasi pertama. Bahkan ketika iPhone 4 muncul dengan fitur kamera depan, layanan video call rasanya sudah berkurang popularitasnya. Setidaknya untuk sebuah iPhone, ini adalah hal baru.

Khusus di iPhone 4, layanan video call masih berbasis internet via jaringan WiFi. Mirip dengan Skype. Kabarnya Apple masih tengah mengupayakan agar fitur ini dapat berjalan di lingkungan 3G juga. Namun yang pasti dengan perangkat sekecil ponsel, maka ketika kita menatap mata lawan bicara di layar, seakan-akan Anda melihat ke kameranya yang berada di sudut sempit. Akan memproyeksikan muka Anda di layar lawan bicara yang tengah menatap mata mereka.

Bandingkan jika Anda melakukan video chat di komputer, ketika kita melihat lawan bicara, maka kita tidak melihat kamera, sehingga yang terlihat oleh lawan bicara, kita tengah menatap bidang yang lain.

Sayangnya fitur ini masih belum dapat digunakan di iPhone 4 kami, meskipun WiFi sudah aktif, dan nomor ponsel sudah tercatat. Apakah ini pertanda FaceTime belum bisa digunakan di Indonesia, atau membutuhkan iPhone 4 lain agar bisa terhubung, atau masalah ada pada carrier (operator yang kami gunakan).


Baterai
Banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika kita mereview baterai. Secara kasat mata, baterai iPhone 4 sudah lebih baik dari iPhone 3Gs yang juga sudah sempat mampir di meja test redaksi PULSA. Dengan pemakaian yang normal, plus email feed, messenger dan penggunaan kamera, ponsel ini bisa bertahan hampir dua hari.

Kesimpulan
Melihat harganya yang masih mahal dan dengan melihat kenyataan bahwa belum ada operator resmi Tanah Air yang menggandengnya secara resmi, aman rasanya jika kami berpendapat untuk menahan dulu keinginan Anda untuk membelinya. Apalagi jika Anda sudah memiliki iPhone 3GS. Upgrade saja OS-nya ke iOS4 untuk merasakan fitur-fitur iPhone 4.

Kemampuannya yang khas iPhone memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Meski kadang terasa tertinggal beberapa tahun dari ponsel lain, hal-hal yang bersifat tampilan sudah mendapat perhatian lebih dari Apple.

Kelebihan:

iOS 4
HSDPA
WiFi b/g/n
multitasking
Video call (faceTime)
Push Mail
iPod player
iTunes store
Apps Store
Layar retina display
Multitouch
Kekurangan:

Material kaca plastik pelapis dinilai rentan retak
Material alumunium dinilai rentan patah
Video call hanya via WiFi
Memori tidak bisa diupgrade
Transfer data via iTunes PC/Mac


Harga Baru: Rp. 7.900.000
Harga Bekas: -
Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Ukuran/Berat: 115.2 x 58.6 x 9.3 mm/137 g
Layar: LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran layar: 640 x 960 pixels, 3.5 inches
Audio Jack: 3.5 mm headset jack
Fitur Audio: Vibration, MP3 ringtones
Speakerphone: Ya
Memori Internal: 6/32 GB storage, 512 MB RAM
Memory External: Tidak
3G: HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
EDGE: Class 10, 236.8 kbps
GPRS: Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth: Ya, v2.1 with A2DP
Infrared: Tidak
Cable Port: Ya
Kamera Belakang: 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash. Fitur Touch focus dan geo-tagging
Kamera Depan: Yes, videocalling over Wi-Fi only
Video Record: Yes, 720p@30fps, LED video light, geo-tagging
OS: iOS 4
CPU: 1 GHz Apple A4 processor
Browser: HTML (Safari)
GPS: Ya, with A-GPS support
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Java: No
Radio: Tidak
Stand by: Up to 300 h (2G) / Up to 300 h (3G), Up to 40 h (Music Play)
Talk Time: Up to 14 h (2G) / Up to 7 h (3G)
Tipe Baterai: Li-Po 1420mAh
Video Player: Ya
MP3 Player: Ya
Audio Record: Ya
Multiple SIM Card: Tidak

































































No comments:

Post a Comment