MENU

9/20/11

Samsung Galaxy Tab 10.1 Tablet Honeycomb Tertipis


Setelah sempat mengalami beberapa revisi berupa pemangkasan bobot, desain ulang termasuk memangkas tebal bodi, Galaxy Tab 10.1 akhirnya hadir juga di Indonesia. Pemilihan layar yang lebih lebar dengan basis android Honeycomb terbaru membuat tablet ini digadang-gadang sebagai pesaing terdekat iPad 2. 

Dimensi & Desain
Ukuran 256,7 x 175,3 x 8,6 mm, Berat 565 gram, 
Saat dipegang satu tangan, terasa Galaxy Tab 10.1 cukup ringan.  Mungkin karena bahan plastik yang membungkus bodinya ikut mereduksi beratnya. Dibanding iPad 2, Tab lebih tipis 0,2 mm dan lebih ringan 36 gram.  Namun, pemilihan bahan ini  bukan berarti tanpa cela. Plastik, terutama di casing bagian belakang terasa licin saat dipegang dan mudah tergores. Ketika disandingkan dengan iPad 2, terlihat bahwa bahan aluminium iPad 2 tampil lebih elegan dan kokoh.
Perbandingan antara Samsung Galaxy Tab 10.1 dengan iPad II
 

Display
Display 10,1 inci widescreen, 1280 x 800 WXGA TFT LCD, 149 ppi, rotasi 4 arah., ambient light sensor
Tampilan Display 16:0 tajam dan jelas, baik di luar maupun di dalam ruangan. Terdapat seting display otomatis, menyesuaikan dengan cahaya yang tersedia. Teknologi Super PLS (plane line switching) menjadikan layar tetap jelas terlihat dalam sudut lebar maupun pencahayaan yang berlebihan. Lebih baik dibandingkan dengan etknologi IPS panel yang diusung iPad.

Hardware
Prosesor NVIDA Tegra 2 dual core 1 Mhz, RAM 1 Gb, internal memori 16 Gb, Sensor giroskop, kompas, akselerometer, 

Tak ada port USB di Tab, seperti yang ada di tablet Transformer maupun Motorola Xoom. Demikian pula, tak ada port HDMi maupun slot micro SD. Hanya ada single port 30 pin di bagian bawah untuk terhubung dengan kabel data bawaan dan lubang jack audio 3,5 mm. 

Samsung menyediakan headphone dengan mikrofon terintegrasi. Terdapat tombol  pause/skip pada headphone yang berfungsi sebagai tombol pause atau play saat memainkan musik. Lubang speaker diletakkan di sisi kiri dan kanan mengantarkan kualitas suara yang baik, sedangkan di bagian atas terdapat tombol power, volume dan slot kartu SIM.

Software
Sistem Operasi Honeycomb 2.1, Google Mobile Service (Google Talk, Gmail, Calendar, Youtube, Google Maps, Google Latitude, Google Places, Android Market), Polaris office (edit and create: PPT, Word, Excel), Samsung Hub, Samsung Apps, Kies via Wifi, Pulse newsreaders
 
Tombol aplikasi diletakkan di kanan atas. Terdapat  tombol shortcut di kiri bawah disamping tombol home untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang kita buka. Ketika ditekan, akan muncul widget yang memuat screenshoot aplikasi-aplikasi tersebut. 

Tampilan aplikasi musik mirip dengan itunes bawaan iPad. Selain menyediakan Android market,  Samsung punya aplikasi online store bawaan sendiri yaitu Samsung Apps.  Jika Anda sebagai pengguna Samsung terbiasa melakukan koneksi ke PC dengan menggunakan software Kies, terdapat pengaturan lebih lanjut untuk menghubungkan Tab dengan PC melalui koneksi Wifi.
Sosial Hub mengintegrasikan akun-akun jejaring sosial Anda dalam satu widget. Jika dipasang di homescreen, Anda dapat melihat updatenya setiap saat Sedikit kurang ergonomis mungkin, bahwa dengan diagonal 10.1 inci dan rasio layar 16:9, keyboard virtual Galaxy Tab menjadi lebih panjang. Hal ini cukup menyulitkan Anda saat mengetik menggunakan 2 jempol, karena huruf-huruf yang berada bagian tengah akan sulit dijangkau oleh ukuran tangan Asia

Browser
Browser Android mendukung multitab dan Flash. Anda bisa menggunakan fungsi motion pada browser. Saat ingin memperbesar atau memperkecil tampilan web, letakkan 2 jempol Anda di sisi kiri dan kanan layar, kemudian gerakkan ke bawah untuk emperbesar atau ke atas untuk memperkecil. Menyaksikan Youtube? Bisa langsung dari browser meskipun aplikasi juga tersedia.

Yang agak menggangu adalah ketika kita ingin  mengakses situs-situs yang memiliki dual versi (web dan mobile) semisal yahoo, maka secara default yang terbaca di browser adalah versi mobilenya. Mubazir bukan, untuk layar ukuran 10.1 inci?

Kamera
Kamera depan 2 Mpix, kamera belakang 3,2 Mpix dengan LED Flash.
  
Fitur aplikasi kamera terbilang sempurna, meski ukuran 3 megapiksel tergolong ketinggalan jaman. Anda dapat dengan mudah mengatur eksposure, resolusi, white balance maupun mode pengambilan gambar.  Respon kamera belakang agak lambat, kadang perlu beberapa detik untuk membidik obyek hingga menjadi foto.

Beralih dari kamera belakang ke kamera depan atau sebaliknya cukup mudah dengan  menggunakan tombol switch. Hasil video cukup ideal, meski saat menangkap obyek bergerak kadang kehilangan fokus, namun masih dalam batas wajar

Nirkabel dan Sinkronisasi
HSPA +21 850/900/1900/2100, EDGE/GPRS 850/900/1800/1900, Wifi 802.11 a/b/g/n dual band support (2,4 dan 5 Ghz), Bluetooth 3.1


Koneksi internet via Wifi berjalan mulus tanpa ada gangguan. Tab 10.1 akan terbaca sebagai  ‘removable media device’ saat dicolokkan ke komputer bersitem oeprasi Windows.  Saat Anda login menggunakan akun gmail, Anda dapat membackup maupun memulihkan kembali beragam data seperti kontak, seting aplikasi, aklendar, email dan lain sebagainya. Ingat, masih ada softawre Kies yang kaya fitur. Anda bisa mentarnsfer beragam file multimedia, baik lewat kabel USB maupun Wifi.

Baterai 
Baterai 7000mAh (buit in)
Galaxy Tab diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 9 jam untuk pemakaian normal. Saat PULSA melakukan test, angka 9 jam belum pernah dicapai. Kemungkinan faktor geografis dan juga penggunaan beragam fungsi internet turut memangkas ketahanan baterai

Performa
Quadarant Benchmark : 2303 poin
Saat dilakukan  pengukuran kinerja hardware dengan menggunakan software Quadrant Benchmark, kinerja Galaxy Tab sangat bagus, jauh di atas pesaing maupun smartphone android lainnya

Kesimpulan
Galaxy Tab 10.1 adalah tablet dengan kombinasi antara bobot, dimensi, teknologi dan desain terbaik saat ini. Teknologi layar yang diusung sendiri oleh Samsung, serta kerja keras untuk menghadirkan aplikasi tambahan seperti social Hub patut dihargai. Soal kamera yang terbilang ‘jadul’ ataupun kompatibilitas browser agak menggangu. Samsung juga seharunya menghadirkan TouchWiz, antarmuka kebanggannya secara lengkap, karena itu akan menjadi pembeda antara Galaxy Tab 10.1 dengan tablet Honeycomb lainnya. Performa yang ditenagai Nvidia Tegra 1 Ghz sangat terlihat baik dari kecepatan apliaksi maupun kinerja sistemnya.

No comments:

Post a Comment