MENU

3/12/11

Garmin-Asus Nuvifone A50 ( TES OLEH PULSA)




Sebagai perangkat ponsel yang banyak membawa unsur navigasi, Garmin-Asus sebelumnya lebih banyak berkolaborasi dengan sistem operasi Windows Mobile. Namun, kepopuleran Android membuka mata Garmin-Asus bahwa perangkat cerdas mereka bisa juga disandingkan dengan OS Android. Hasilnya? Sebuah kombinasi menarik di tengah membanjirnya perangkat Android belakangan ini.

Disain
Ibarat makhluk hidup, sosok Garmin-Asus A50 berbentuk tambun. Dari sisi atas ke bawah, dimensi cukup panjang. Agak berbentuk kotak namun garis melengkung pada bagian atas dan bawah mempercantik bodinya. Bentangan layar berukuran 3,5 inci terasa menguntungkan saat peta navigasi tertampil di layar.

Pada bagian wajah, model kaca transparan tampak menyelimuti sebagian besar muka ponsel. Akibatnya, permukaan ponsel jadi alergi terhadap tangan berminyak. Sementara di bagian belakang, material berbahan doff agak kesat jadi penutup selubung penutup baterai.

Seperti ponsel pintar pada umumnya, Garmin-Asus A50 irit tombol. Saat layar redup, hanya tersisa kotak persegi empat disiapkan untuk operasional menu. Baru saat ponsel aktif, terlihat 4 tombol sentuh hadir menemani. Yakni tombol home, back, setting dan phone.

Interface
Lanjut ke akses beragam menu di dalam. Karena menganut jenis capacitive, sentuhan jari jadi alat satu-satunya yang dapat menyentuh dinding ponsel. Pastinya, layar ponsel akan terjaga dibanding sembarang alat mampu menekan permukaannya.

Ketika dijajal, layar sangat responsif dengan sedikit sentuhan perlahan menu akan cepat disajikan. Garmin-Asus A50 menyiapkan empat layar utama untuk kemudahan pengguna. Tapi hanya tiga layar yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Layar pertama tampaknya sudah dipesan aplikasi Where To sementara tiga layar lain disediakan untuk menempatkan menu ataupun widget favorit.

Dengan cara menahan layar beberapa saat, penambahan shortcut, widget dan folder mudah dilakukan. Begitu pula saat sudah bosan dan ingin membuang salah satu menu, cukup tekan menunya dan akan muncul tong sampah sebagai alat pembuangan.

Meski hanya membenamkan kedalaman layar 65 ribu warna, Garmin-Asus mampu memanjakan indera penglihatan. Hamparan menu kaya akan warna. Resolusi sebesar 320x480 piksel sangat menopang keindahan sektor layar.
Aplikasi Navigasi & GPS
Pengalaman Garmin sebagai alat navigasi mumpuni kini ditransformasikan ke dalam sebuah perangkat ponsel. Tentu saja, seabrek aplikasi navigasi dibenamkan dalam tubuh Garmin-Asus A50. Tak tanggung-tanggung, selain peta Garmin, ponsel telah menyiapkan menu Navigation, Places, Routes, Where Am I?, Where To?, Garmin Voice Studio, Ciao dan Latitude. Semuanya membutuhkan koneksi dan pancaran sinyal yang stabil dan Garmin-Asus A50 membekali dirinya dengan koneksi HSDPA.

Dan PULSA cukup puas menikmati semua layanan yang disajikan pihak Garmin-Asus. Apalagi semuanya bersifat gratis dan peta sudah disediakan. Sebagai contoh, saat bensin mobil Anda berada di titik kritis, manfaatkan aplikasi Where To? Untuk menginformasikan pompa bensin terdekat dari lokasi. Lengkap dengan rute dan jarak yang harus ditempuh. Mode navigasi tersedia untuk driving dan walking.
Bagaimana untuk mencari lokasi lain, semisal ATM terdekat, tempat makan bahkan arena belanja. Tampaknya hal itu tak jadi masalah berarti. Semua tinggal pilih dan aplikasi siap membawa Anda ke lokasi tersebut.

Melalui layanan Where Am I?, posisi saat ini si pengguna bisa terlacak. Memanfaatkan info satelit, terekam pula posisi koordinat, tinggi elevasi, dan layanan darurat terdekat dari posisi. Dengan peta yang makin diperbarui, penentuan posisi dari satu titik ke titik lain tentunya akan lebih akurat dan menjanjikan ketepatan.

Seperti halnya, aplikasi Places yang bisa mengidentifikasi berbagai restoran, hotel, bar disertai review beberapa orang yang pernah menyambangi tempat tersebut.
Kebutuhan akan pencarian rute, lokasi maupun menetukan arah perjalanan sangat terbantu adanya semua perangkat navigasi yang tersedia di dalam Garmin-Asus A50.

Kamera & Video
Meski lebih banyak berkiblat ke perangkat ponsel GPS, Garmin-Asus A50 tak melupakan sektor multimedia sebagai kelengkapan ponsel papan atas. Ditopang kamera 3,2 megapiksel, penerawangan terhadap hasil kamera cukup baik. Proporsi gambar cukup cerah namun penurunan kualitas akan terjadi apabila pemotretan dilakukan malam hari atau minim cahaya. Wajar saja sebab tidak banyak tersedia alat bantu di pengaturan kamera.Hanya ada efek warna, pencahayaan dan resolusi gambar yang bisa dipilih. Tanpa bantuan auto fokus dan lampu flash mengurangi hasil yang diperoleh.

Seragam dengan perekam video, tanpa banyak pengaturan efek. Video sebatas mengabadikan pergerakan yang tak terlalu cepat. Ketika obyek berpindah atau bergerak, kecepatan rekam video kurang mampu mengimbangi. Tercatat, dua plihan resolusi yakni 320 x 240 pixel dan 176 x 144 pixel.
Audio
Sayang, tak ada gading yang tak retak. Satu sisi yang jadi kekurangan ada di sektor musik. Memang semburan audio jelas terdengar namun harmonisasi suara kurang pas terdengar. Kurang lembut dan terkesan cempreng.Sebagai kemudahan, semua folder baik artis, album, genre dan daftar main dikelompokkan dalam satu bagian. Ada pula fitur repeat dan shuffle seperti yang ada di ponsel kebanyakan.

Internet
Untuk Anda yang doyan berinteraksi dan membutuhkan koneksi internet cepat, tantangan tersebut dijawab Garmin-Asus A50 dengan lugas. Kekuatan HSDPA jadi faktor pemicu. Apalagi, layar lebarnya menyenangkan untuk disimak. Halaman yang tampil jadi besar dan tak harus memicingkan mata untuk melihat.Teknik mencubit digunakan untuk memperbesar dan memperkecil halaman. Apabila ada gambar yang ingin disimpan, cukup tekan dan otomatis browser akan mendownload dan menyimpannya ke dalam ponsel.
Fitur Lain
Jika ingin melihat jadwal penerbangan, ponsel menyediakan Flight Status. Bagi para pebisnis dan orang yang sering mondar mandir dalam dan luar negeri, fitur satu ini sangat membantu. Misal, ingin menjemput seseorang, tinggal pilih maskapai, maka jadwal penerbangan dan kedatangan akan muncul.Ada juga, Garmin Voice Studio. Disini Anda dapat merekam arah perjalanan dengan suara Anda sendiri. Rekam selama 5 detik sebagai petunjuk lokasi suatu tempat. Dan putar kembali saat Anda lupa arah yang dituju.

Untuk menengok prakiraan cuaca satu minggu ke depan, dibenamkan Weather. Termasuk suhu dan arah mata angin. Dan yang ingin selalu terhubung situs jejaring sosial terkini, manfaatkan layanan Twitter dan Facebook. Sementara aplikasi aplikasi khas Android juga tak lupa disediakan.

Memori
Untuk menopang performa ponsel keseluruhan, Garmin-Asus A50 menyuntikkan memori internal sebesar 4GB dan RAM serta ROM sebesar 256 MB. Penyematan Qualcomm sebagai prosesor menambah stabil tenaga ponsel. Catatan tambahan, ponsel Android dikenal boros daya apalagi sederet aplikasi GPS terbenam di dalamnya, tak heran baterai yang disediakan hanya bertahan 1 harian

Kesimpulan
Garmin-Asus sudah membuktikan bahwa kolaborasi manisnya dengan Windows Mobile cukup berhasil. Dan kini kebersamaan dilanjutkan dengan Android. Keduanya tetap menyertakan aroma navigasi yang paten. Meskipun porsi pasar yang diambil masih sedikit. Paling tidak menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding perangkat Android sejenis.

PLUS : Aplikasi Navigasi Handal, Android 2.1, Garmin Maps

MINUS : Audio kurang bagus, Kamera tanpa autofokus dan flash

Harga Baru: Rp. 3.050.000
Harga Bekas: -
Network: 2G, GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 3G, HSDPA 1700 / 2100
Ukuran/Berat: 116 x 62.2 x 12 mm / 136 g
Layar: TFT capacitive touchscreen, 256K colors
Ukuran layar: 320 x 480 pixels, 3.5 inches - Accelerometer sensor for UI auto-rotate - Multi-touch input method
Fitur Audio: Vibration; MP3 ringtones
Speakerphone: Ya
Memori Internal: 4 GB storage, 256 MB RAM, 256 MB ROM
Memory External: microSD, up to 32GB
3G: HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 384 Kbps
EDGE: Class 10, 236.8 kbps
GPRS: Class 10 (4+1/3+2 slots), 32 - 48 kbps
WLAN: Wi-Fi 802.11b/g
Bluetooth: Yes, v2.0 with A2DP, EDR
Cable Port: Yes, v2.0
Kamera Belakang: 3.15 MP, 2048x1536 pixels, autofocus
Kamera Depan: Tidak
Video Record: Yes, VGA@24fps
OS: Android OS, v2.1 (Eclair)
CPU: 600 MHz ARM 11 processor, Adreno 200 GPU, Qualcomm MSM7227 chipset
Browser: HTML
GPS: Yes, with A-GPS support, Garmin navigation
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Gmail, Push mail. IM
Java: Via third party application
Radio: Tidak
Stand by: Up to 150 h
Talk Time: Up to 5 h
Tipe Baterai: Standard battery, Li-Ion 1150 mAh
Video Player: MP4/H.263/H.264 player
MP3 Player: MP3/eAAC+/WAV player
Audio Record: Ya
Multiple SIM Card: Tidak

No comments:

Post a Comment